Nasionalisme

Notes ini diambil dari sesi pemutaran film “Batas”

Pembicara: Marcella Zalianty, Pit Pagau

Ide film ini: saat Marcella diundang oleh kementerian daerah tertinggal untuk meninjau mengenai isu perempuqn di daerah pebatasan yaitu entikong, Kalimantan Barat.
Film media kominimasi yg powerful untuk menyanpaikan value, budaya, dll, sehingga bisa tumbuh rasa nasionalisnellme dan mempercepat pembangunan di luar Jawa.

Bapak Piet menceritakan bahwa terjadi gap taraf hidup antara Dayak Malaysia dan Dayak Indonesia. Sebaiknya anggaran keuangan untuk pendidikan diprioritaskan untuk daerah-daerah di perbatasan karena mustahil pembangunan akan terjadi tanpa pendidikan baik dalam hal sarana prasarana maupun infomasi dan kesempatan memperoleh pendidikan tersebut.

Film ini sangat menarik, edukatif dan mampu menangkap berbagai masalah yang terjadi di komunitas terluar perbatasan Indonesia dengan Malaysia, tepatnya di Kalimantan Barat. Intinya film ini menceritakan mengenai hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahkan di level pendidikan dasar, human trafficking masih dengan kasat mata terjadi disekitar kita, buruknya infrastruktur di luar pulau jawa, dan terakhir dibumbui dengan romantisme tokoh utama film ini. Lesson learned film ini antara lain: 

  • Menjadi agen perubahan itu harus mampu menembus/melampaui batas untuk menghasilkan suatu perubahan. Meskipun demikian, dalam prosesnya tetap harus bisa menghormati batas2 dalam arti nilai, etika&integritas, serta mempertimbangkan kelestarian alam dan kebudayaan lokal.
  • Belajar tidak hanya dilakukan di ruang kelas, belajar dalam arti yang lebih luas dan harus selalu mem pertimbangan/melihat/menyesuaikan dengan nilai-nilai lokal.
  • Terlintas pertanyaan di kepala ini, lantas kenapa keberadaan UN masih dipertahankan?Di kota besar pendidikan di kelas dan sertifikat menjadi sangat penting. Tapi akan lebih penting lagi bagaimana kita bisa mengaplikasikan berdasar nilai lokal dan menambah keterampilan yang sesuai dengan demand di lingkungannya
  • Pemerataan pembangunan infrastruktur dan perbaikan batas negara untuk mempertahankan kedaulatan NKRI
  • Penegakan hukum yg tegas atas human trafficking yang terjadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s