Diet kantong plastik

Hari ini pengen share apa yaa, hasil dari kelas leadership nya LPDP..hmmm..tentang budaya asing dan budaya lokal kita dan bagaimana kita harus menyikapi dan beradaptasi ketika tinggal di tempat asing. Oke..ga mau berbasa-basi dengan teori ya,aku pengen ambil satu contoh yang rill saja, tentang budaya penggunaan kantong plastik.

Saya sering berbelanja di mini market, setidaknya mereka akan memberi satu kantong plastik saat berbelanja, bahkan bisa dua,karena untuk produk sabun-sabunan harus terpisah dengan makanan. Pengalaman lain pernah saya alami ketika berbelanja di pasar tradisional, ada suatu mind set yang salah di para pedagang, kalau tidak memberi bungkus plastik, tidak sopan namanya.

Sementara itu, di luar negeri seperti UK (negara tujuan studi ku,insyaallah), untuk mendapat kantong plastik setelah belanja itu harus bayar, jumlah nya bervariasi, sekitar £0.5-1, selain itu sang petugas kasih supermarket akan bertanya dahulu “need a bag?” kalau kita bilang “No thanks, I have it”, mereka pun tak memaksakan membungkusnya. Hal ini terjadi karena kebanyakan masyarakatnya sudah aware bahwa plastik itu sulit dihancurkan, mereka akan semaksimal mungkin membatasi penggunaannya dan lebih prefer gunakan kantong yang dapat dipakai beberapa kali.

Contras sekali yaa..terus apa yang harus dilakukan? Setidaknya ketika pulang nanti, kita harus menerapkan budaya penggunaan plastik di Inggris ke daerah masing-masing. Kita bisa mulai dari diri sendiri untuk tidak meminta plastik bila berbelanja satu item dan membawa kantong yang bisa di- recycle kemanapun.

Siap ya.. Say No thank you to plastic bags🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s